Jumat, 28 September 2012

Langkah-langkah Membuat WEBSITE Bagian.1

====>

Ok Saya lanjutkan ke materi Langkah-langkah Membuat Website Bagian Pertama. Pada saat saya menulis Artikel "Kegagalan di Dunia Marketing" disana saya informasikan bahwa "Riset Keyword" sangat diperlukan dalam tahap awal sebelum membuat sebuah website yang memang sengaja di persiapkan untuk mendapatkan pemasukan dari peluang usaha yang ada di internet. Baik sekarang akan saya coba ajarkan langkah-langkah bagaimana cara me-riset keyword untuk website baru saya.

Langkah Pertama :
Keyword Ide : Adalah keyword yang berupa topik umum tentang suatu hal, biasanya terdiri dari satu atau dua kata saja, misalkan: electronics, weight loss, furniture, dll. Jika anda sudah menentukan keyword ide-nya untuk website anda nanti, lakukanlah Riset Keyword untuk ide atau topik anda tersebut. Sebagai contoh saya akan menggunakan keyword ide "Birthday", artinya saya akan membuat website seputar tentang Birthday.

Target dari langkah pertama ini adalah mencari "Keyword Utama" untuk website anda.
Kita bisa gunakan fasilitas tools gratis yang ada di internet, yaitu “Google Keyword Tool External”, masukan keyword anda disana dan klik tombol “Get keywords ideas”, hasil dari keywordnya kira-kira seperti gambar ini:

Google Keywoord Tool External

Jika anda lihat gambar diatas, jumlah pencari kata “birthday” di google.com pada bulan May sebesar 30jutaan, itu artinya keyword tersebut punya potensi traffic sebesar 30juta per bulan! Tapi anda tidak bisa begitu saja gunakan keyword itu sebagai keyword topik website, karena ada satu hal yang perlu dipertimbangkan yaitu jumlah website pesaing yang juga menggunakan keyword tersebut.

Cara untuk melihat pesaing, anda bisa gunakan "Search Engine Google" untuk melihatnya. Dan ingat, selalu gunakan tanda kutip dua untuk pengecekan ini.
Lihat gambar dibawah ini:

Search Engine Google
Search Engine Google

Wow… pesaing untuk kata kunci birthday terlalu besar, 265juta! Sangat tidak bijaksana jika anda menggunakan keyword “birthday” untuk topik website, karena boleh dibilang hampir tidak mungkin website anda akan menduduki posisi pertama untuk keyword tersebut.

Pertanyaannya, bagaimana langkah selanjutnya jika ingin membuat website dengan topik seputar birthday?
Jawabanya: cari keyword turunannya atau biasa disebut “long tail keyword” untuk hasil search keyword digambar pertama tadi, misalnya saja mencari keyword turunan dari keyword “birthday party” dengan melakukan lagi riset seperti Langkah Pertama dari awal.
Alhasil, setelah melakukan beberapa kali riset tahap awal ini saya mendapatkan keyword “birthday party supplies” sebagai keyword utama untuk website saya.
Kuncinya : Lakukan langkah pertama ini berulang-ulang (tergantung dari keyword nya) jika pesaingnya masih masih terlalu besar. Formulanya “Cari Jumlah Pencari Yang Banyak Dalam Sebulan, Tetapi Yang Sedikit Pesaingnya (dibawah 10juta)”
Semakin banyak jumlah pencari dengan kata kunci atau keyword tersebut dan semakin kecil jumlah pesaing pada result search engine google, maka semakin bagus keyword itu (istilahnya niche keyword)
Jika anda sudah menemukan Keyword Utama yang tepat untuk topik website anda sebagai Internet Marketing, langkah selanjutnya adalah mencari keyword pendukung keyword utama, supaya website anda nantinya mudah mencapai halaman pertama di "Search Engine Google". Dengan begitu, website anda mempunyai peluang lebih besar untuk mendapatkan traffic gratis (organic traffic) atau pengunjung dari internet.

Nantikan di Tips-tips Selanjutnya :
     "Langkah-langkah Membuat Website bagian.2"


1 komentar: