Senin, 27 Mei 2013

Cara Mudah Memblokir Situs Berbahaya



Segala sesuatu di dunia ini pasti ada yang positif dan negatif, demikian juga dunia internet disamping banyak positifnya tapi banyak juga hal-hal yang negatif oleh karena itu perlunya filter untuk menyaring hal negatif tersebut, minimal kita menguranginya dengan memblokir situs-situs negatif agar tidak bisa diakses pada komputer kita. Terutama untuk anak-anak atau keluarga kita agar terhindar dari bahaya situs-situs jahat yang berisi pornografi, kekerasan, propaganda agama, dan lain-lain.  Ada berbagai cara untuk memblokir suatu situs, namun kali ini kita membahas dua cara memblokir situs yaitu tanpa menggunakan software dan dengan menggunakan software.

▸Pertama cara memblokir situs tanpa menggunakan software :
1. Masuklah ke folder C:\Windows\System32\drivers\etc 
2. Cari file hosts 
3. Klik dua kali file tersebut sehingga keluar jendela Open With 
4. Pilih Notepad kemudian klik OK 
5. Tambahi isi file tersebut setelah - 127.0.0.1 localhost - dengan alamat website yang akan Anda blokir misalnya :
  127.0.0.2 www.facebook.com
  127.0.0.3 www.twitter.com
  127.0.0.4 www.youtube.com
maka situs www.facebook.com, www.twitter.com, www.youtube.com akan terblokir, jika ingin menambahkan lagi tinggal Anda lanjutkan:
  127.0.0.5 ….. begitu seterusnya.
6. Setelah selesai simpanlah dengan pilih Menu ➾ File pada notepad kemudian Save
7. Sekarang coba bukalah alamat-alamat yang telah diblokir tadi, maka alamat-alamat tadi tidak akan bisa di akses.
8. Untuk mengembalikan seperti semula, hapus alamat website yang diblokir pada Notepad seperti cara no.5

▸Kedua cara memblokir situs dengan menggunakan software. Sebenarnya ada banyak software yang berfungsi untuk memblokir situs, tapi disini kita membahas software gratis (freeware) bernama Any Weblock :
 1. Download dulu softwarenya, klik di sini !
 2. Setelah download, ekstrak file kemudian Install softwarenya, setelah selesai install kemudian anda diminta untuk membuat password klik Yes

3. Isi password anda,  pada kolom Secret guestion: isi pertanyaan rahasia anda, Your answer: isi jawaban dari pertanyaan rahasia anda.

4. Untuk cara mem-blokir situs klik AddBlock this website : isi nama situs yang akan di block ➾ Additional subdomains to block: kosongkan bila tidak ada ➾ Remark: kosongkan saja ➾ OK Apply change

5. Silakan coba situs yang diblokir tadi. Apabila sobat ingin situs yang diblokir tadi bisa dibuka kembali, cukup klik tombol Remove.
Demikian Cara Mudah Memblokir Situs Berbahaya semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan sobat semua.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar