Senin, 27 Mei 2013

Download Aman dengan Torrent


   Torrent adalah file kecil yang bertindak sebagai penunjuk. Dia mendata nama semua file yang akan didownload (bisa satu, atau bisa seluruh directory), pengecekan kesalahan data di file dikenal sebagai hash dan alamat web dikenal sebagai tracker.

   Cara kerjanya jika file.torrent di klik, file ini akan diload di program torrent client salah satu torrent client adalah Bittorrent. Program akan melakukan koneksi ke tracker - sebuah server pusat yang mengetahui siapa saja yang memegang full copy dari torrent (seeder) atau orang lain yang mendownload. Setiap torrent dipotong menjadi bagian kecil. Tracker akan memberitahu program anda siapa yang memiliki potongan ini. Program akan menuju dan berhubungan dengan orang tersebut dan merequest data.
   BitTorrent adalah sebuah software client yang memberikan kepada Anda kemudahan dan keamanan dalam men-download berbagai software berkualitas tinggi, seperti misalnya video, music, games, maupun aplikasi program.
   BitTorrent lebih aman dari pada yang lain karena software client ini mencantumkan grafik tingkat kesehatan software yang tersedia di suatu situs yang bisa didownload, sehingga kita bisa memperkirakan tingkat keberhasilan downloading yang akan kita lakukan. Jadi menurut saya, BitTorrent penting untuk sobat punyai, khususnya bagi yang sering download software. Ini dikarenakan ada software tertentu yang hanya bisa didownload dengan Bittorrent (ataupun Utorrent) sebagai software client-nya.
BitTorrent
Cara download Torrent menggunakan BitTorrent :
1.  Download software BitTorrent diatas, setelah selesai Install software tersebut.
2. Kemudian download file torrent sesuai yang di inginkan, rata-rata ukurannya dibawah 1 mb.
3. Setelah selesai download file torrent, kemudian klik 2x file tersebut. Lihat gambar dibawah.
4.  Pilih Save as, dimana sobat akan menyimpan file yang akan di download > klik OK
5. Maka otomatis BitTorrent akan mulai mendownload, lihat pada system tray (sebelah kanan bawah) double klik saja bila tidak tampil pada layar monitor.
6. Selanjutnya adalah menunggu, lama download tergantung koneksi internet dan besarnya file.
Beberapa istilah dalam torrent :
  1. Seeds : pemberi file download.
  2. Leechs/download : pendownload
  3. Peers : Jumlah total orang yang mendownload dan pemberi download.
  4. Tracker : tracker jumlah seeds, peers, dan download.
  5. Down speed : kecepatan download.
  6. Up speed: kecepatan upload.
  7. ETA : Estimated Time.
   Dan beberapa Tips untuk memilih file torrent sehingga kecepatan file yg kita download lebih stabil/cepat, yaitu:
1. Saat memilih file torrent lihat perbandingan seed dan leech-nya. Kalo seed lebih banyak daripada leech biasanya download bakal cepet, kalo sebaliknya download bisa lambat.
contoh:
seed = 10.000; leech = 50.000 => kemungkinan besar lambat –> rasio(1/5)
seed = 50; leech = 5 => kemungkinan besar cepat –>rasio (10/1)
2. Perhatikan juga kualitas file torrent yg kita download dari Tracer torrent. Diindikasikan dari banyaknya orang yg telah mendownload file tersebut dan komentar positif terhadap file tersebut.
3. Setting BitTorrent di Option– Preferences — Advanced — cari net.max_halfopen setting antara 50 – 100 (saya pakai 80) default value 8.
5.Setting BitTorrent di Option — Preferences — Bandwidth — masukkan nilai untuk :
Global maximum number connection (ini adalah total peer yg tersambung ke kita) etc:200 makin besar makin baik;
Maximum connected peer per torrent (ini jumlah peer yg tersambung ke kita untuk tiap file yg kita donwload/share) etc:60 makin besar makin baik;
Number of upload slot ini adalah jumlah peer yg bisa mendownload dari kita secara bersamaan) etc:2 makin kecil makin baik.

Kelebihan download menggunakan Torrent:
~ Kita bisa mendownload banyak file sekaligus, tanpa membuat koneksi internet kita putus, atau komputer kita hang, sebab file torrent didownload secara terpisah melalui pecahan-pecahan kecil (pieces) sehingga bisa untuk disambung kembali. File yang belum selesai di download bisa didownload di waktu lain, saya pernah download sampai seminggu karena besarnya file. tinggal setting aplikasi client torrent agar berjalan pada saat komputer start up dan saat terhubung ke internet.
~ Bisa mendownload banyak file-file yang berukuran besar (gigabit) dalam 1 aplikasi torrent client, tanpa perlu lagi download di web hosting file, karena biasanya file ukuran besar disimpan di webhosting files akan dipecah menjadi beberapa part, itupun sobat tidak bisa download paralel karena hanya diperuntukan buat premium user, seperti di Rapidshare, Hotfile, Dll.
~ Download Lewat Torrent Client tidak membuat internet kita lemot, karena client torrent hanya mengambil sedikit bandwitch internet, berbeda bila kita mendownload lewat Internet Download Manager maka internet kita akan menjadi sangat lemot, karena IDM memakan banyak bandwitch.
~ Download di torrentkita sama2 diuntungkan, artinya sewaktu kita mendownload torrent otomatis kita juga mengupload file tersebut dan meng share kepada semua orang, jadi kamu bukan hanya menjadi leecher tapi juga menjadi seeder.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar