Senin, 27 Mei 2013

Tips Mengcopy Data Dari CD atau DVD yang Rusak



Apabila sobat pernah menyimpan data pada sekeping CD atau DVD, dan entah karena sudah lama tersimpan atau karena tergores sehingga menyebabkan tidak bisa lagi terbaca oleh CD/DVD-ROM komputer sementara data yang didalamnya masih diperlukan. Bagaimanakah caranya menyalin data dari CD/DVD yang rusak tersebut? Berikut kita akan bahas caranya.
 
Sebenarnya sebagian besar dari folder dan file informasi atau data file, masih dapat diakses pada CD atau DVD yang rusak. Hanya saja Windows sulit membaca disk yang kabur. Sehingga diperlukan sebuah program yang membantu Windows untuk membaca disk yang rusak tersebut dan mengabaikan bagian yang buruk dari disk, inilah fungsi dari aplikasi Unstoppable Copier.

Software berlisensi free ini dapat didownload pada link dibawah, tinggal pilih sesuai spesifikasi sistem operasi. Setelah download, silakan install ke komputer. Ketika mulai, sobat akan disajikan dengan jendela utama.


Pertama yang harus dilakukan adalah melihat tab Settings untuk melihat konfigurasi aplikasi.


Aplikasi ini memiliki beberapa pilihan untuk data recovery. Pilihan dapat digunakan untuk berpindah dari Best Data Recovery ke Fastest Data Recovery, pada pilihan kedua ini tentu mengurangi upaya yang dilakukan untuk merestore file. Demikian pula, sobat bisa menetapkan jumlah maksimum retries untuk operasi menyalin file. Jika tidak ingin merestore file dari kawasan yang rusak dari CD atau DVD, pilih Auto Skip Damaged Files untuk mempercepat operasi copy.

Pilihan yang bermanfaat adalah Undamaged Files First, karena pertama akan menyalin semua file yang tidak memiliki masalah dan kemudian berfokus pada file yang rusak. Jika waktunya terlalu lama, sobat bisa memutuskan operasi copy dengan anggapan bahwa semua file yang masih baik telah disalin.
 

Kembali ke jendela tab Copy di bagian atas, Anda dapat memulai pemulihan data dari CD atau DVD. Klik tombol Browse pada sebelah kanan bidang Source dan pilih drive CD / DVD. Kemudian klik tombol Browse pada bidang Target dan pilih lokasi disk di mana ingin menyimpan file restore. Semua yang tersisa sekarang adalah dengan menekan tombol Copy dan  tunggu hingga proses selesai.
 
Download Unstoppable Copier

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar