Sabtu, 25 Juni 2011

9 Cara Sederhana Cegah Stress







Tak perlu yoga, meditasi atau apapun, cukup sembilan langkah sederhana ini, stress pun kabur.

Lakukan hal-hal berikut untuk mencegah stres di kemudian hari.

1. Simpanlah sedikit uang kontan di dalam rumah
Menyimpan uang kontan di dalam rumah akan membuat Anda merasa tenang saat ada kebutuhan mendadak yang harus Anda bayar. Anda tidak akan merasa kesal karena harus mengantri untuk mengambil uang di bank atau bingung mencari pinjaman ke sana-kemari. Tapi, walaupun menyediakan uang di rumah itu perlu, jangan terlalu banyak jumlahnya.

2. Jangan abaikan isi tangki kenderaan Anda
Periksa selalu bahan bakar Anda sebelum bepergian, terutama dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Hal ini sangat penting karena apabila kehabisan bensin ketika tengah berada dalam perjalanan dapat memicu terjadinya stres. Anda juga tak ingin mendorong mobil atau lari-lari ke pom bensin cuma karena hal yang seharusnya bisa dihindari kan?

3. Siapkan obat di manapun Anda berada
Kita tak pernah tahu apa yang akan kita alami. Tidak mau direpotkan oleh penyakit ringan, terutama penyakit kambuhan, mengganggu jalannya aktivitas Anda bukan? Untuk itu, selalu sediakan obat-obatan, seperti obat asma, sakit kepala, atau flu di dalam tas Anda.

4. Sediakan tempat kunci khusus
Sering merasa kesal karena tidak menemukan kunci kendaraan atau kunci rumah padahal sudah hampir terlambat masuk ke kantor? Hindari hal tersebut dengan menyediakan tempat khusus kunci, baik di dalam rumah maupun di dalam tas. Hal ini akan meringankan beban pikiran Anda.

5. Matikan lampu saat tidur
Dengan mematikan lampu, maka Anda akan lebih cepat beristirahat dan tertidur lebih pulas. Tidur yang cukup dan berkualitas akan membuat Anda lebih segar ketika bangun keesokan harinya. Hal ini pastinya akan membantu mengawali hari Anda dengan semangat dan energi yang cukup.

6. Jalan-jalan di sekitar rumah
Melakukan tips berikut merupakan salah satu hal yang menyenangkan. Anda dapat me-refresh pikiran dari kepenatan sejenak sambil melihat pemandangan hijau dan juga bunga-bunga indah di jalanan. Selain itu, berjalan merupakan langkah sehat untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

7. 10 menit berberes sebelum tidur
Biasakan untuk mengemasi barang-barang yang akan Anda perlukan keesokan paginya untuk berangkat ke tempat kerja. Kebiasaan baik ini akan membuat Anda lebih santai pada pagi hari dan dapat mengawali hari Anda dengan baik, tanpa harus terburu-buru menyiapkan keperluan kerja.

8. Siapkan bahan sarapan di malam hari
Pagi hari merupakan waktu yang sangat singkat untuk mempersiapkan segalanya. Membuat bekal makanan pada pagi hari akan menjadi sesuatu yang berat bila diburu oleh waktu. Anda tentu tak ingin telur mata sapi yang Anda siapkan gosong karena ditinggal mencuci kotak makan bekas kemarin kan? Maka dari itu, siapkan peralatan sebisanya pada malam sebelumnya.

9. Milikilah sahabat
Percayakah Anda bahwa dengan memiliki banyak teman akan membuat hidup jadi lebih mudah? Hidup tentu diwarnai dengan kesulitan juga, bukan hanya kesenangan saja. Nah, ketika kesulitan itu datang, adalah pilihan Anda untuk membuatnya jadi lebih sulit atau lebih mudah. Apabila Anda memiliki tetangga dan mengenalnya dengan cukup baik, maka orang tersebut pasti akan membantu meringankan beban Anda sebisanya.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar