Senin, 27 Juni 2011

Tips Memulai Percakapan Dengan Orang Baru Dikenal


Pernahkah Anda duduk berdua dalam satu meja dengan orang asing, dan tak tahu harus berkata apa?

Atau Anda pernah menunggu di satu ruangan yang sama dengan satu orang lainnya, dalam suasana hening, dan tak tahu harus membicarakan apa untuk memecah kesunyian?

Bagaimana caranya memulai percakapan dengan mereka agar Anda sukses dalam pekerjaan?

Kadang kala, memulai satu pembicaraan dengan orang yang tidak dikenal memang tak mudah. Bisa jadi, saking sibuknya mencari topik pembicaraan, Anda malah jadi gugup dan tak sanggup berkata apa-apa. Jika ini yang terjadi, berarti Anda harus menyiapkan strategi khusus untuk bisa memulai percakapan dengan orang asinng. Karena bisa jadi, orang tersebut akan membuka kesempatan atau peluang besar bagi karier Anda.

Jika Anda berada dalam situasi yang mengharuskan Anda berbincang dengan seseorang yang tak Anda kenal, jangan berpikir bahwa hal tersebut adalah hal yang berat. Cobalah menganggapnya sebagai suatu kesempatan untuk mendapatkan teman, pengetahuan, dan pengalaman baru. Anda juga tak perlu gugup, cukup jadi diri sendiri saja.

Karena itulah, konsultan kepribadian dan bisnis Sue Thompson menyarankan agar Anda membicarakan topik pembicaraan, mulailah mengingat hal atau kegiatan yang pernah Anda lakukan akhir-akhir ini atau yang akan Anda lakukan beberapa bulan kedepan. Misalnya saja saat Anda liburan ke suatu tempat, pergi ke sebuah pameran besar, atau kegiatan lainnya yang kemungkinan besar juga dilakukan olehnya.

"Jadikan hal tersebut sebagai topik pembicaraan hingga Anda berdua bisa saling menceritakan pengalaman masing-masing," ujar Thompson, seperti dikutip Careerbuilder.com.
Saran lainnya, ajukan pertanyaan atau topik yang bisa didiskusikan. Menurut penulis buku We Need to Talk: Tough Conversations With Your Boss, Lynne Eisguirre, percakapan timbal-balik akan membuat perbincangan lebih menyenangkan dan tidak monoton.

"Ajukan pertanyaan terbuka dengan kata-kata siapa, apa, dimana, atau kapan. Pertanyaan seperti ini lebih baik daripada Anda mengajukan pertanyaan yang bisa dijawab dengan kata singkat "ya" atau "tidak","tegas Eisaguirre.

Topik lainnya selain keluarga dan asktivitas terakhir, Anda juga bisa membahas soal hobi atau hal yang sedang hangat dibicarakan. Hati-hati dalam memilih topik yang terakhir. Perhatikan dulu apakah topik tersebut tidak kontroversial atau menyinggung perasaannya. Anda bisa memulai percakapan dari banyak topik tersebut dan dari situlah pembicaraan akan mengalir lancar.

Yang pasti, dengan berani membuka percakapan, artinya Anda sudah membuka jalan sebuah hubungan. Hubungan dengan orang lain, baik yang berhubungan langsung dengan pekerjaan Anda maupun yang tidak, nantinya akan membantu Anda dalam membangun karier Anda. Intinya, menjalin hubungan yang baik dengan setiap orang akan menyelamatkan karier Anda.


Saat anda memulai suatu percakapan, itu artinya ada saat Anda berbicara, dan berikutnya Anda mendengarkan. Tentu saja, mendengarkan juga sama pentingnya dengan berbicara. Karena itulah, perhatikan bahasa dan non verbalnya. Jika bahasa tubuhnya memperlihatkan bahwa ia tidak tertarik saat membahas tentang pekerjaan, cobalah ganti topik tentang hobi atau kejadian yang sedang hangat.

"Selalu tunjukkan kepedulian Anda dengan mendengarkan apa yang dikatakan lawan bicara. Ajukan pertanyaan dengan menyebut namanya, dan jangan menyela saat ia sedang berbicara," tandas Ltnne Sarikas, Director of the MBA Career Center, College of Business administration, Northeastern Univercity.

Dengan siapapun Anda berbincang-bincang, sebenarnya memulai percakapan tidaklah sesulit yang dibayangkan. Bahkan, jika Anda harus bercakap-cakap dengan orang yang jabatannya lebih tinggi dari Anda, bukan berarti Anda harus memiliki pengetahuan yang sejajar dengannya. Yang paling penting ialah, Anda harus percaya diri.


Saat anda bekerja, mungkin Anda selalu berhubungan dengan orang yang sama selama bertahun-tahun. Nah, saat bertemu dengan orang baru atau rekan baru, cobalah melakukan pendekatan yang lebih personal. Hafalkan namanya, bertanyalah tentang kegiatan atau hobi mereka, dan jika perlu saling bertukar kartu nama.

Saat berasa di ruangan yang sama dengan orang yang tak terlalu Anda kenal, Anda pasti cenderung memilih sibuk dengan ponsel Anda.
Cobalah ubah kebiasaan tersebut dengan mulai mengajaknya berbincang, tak peduli seberapa singnkatnya percakapan tersebut. Percayalah bahwa dengan pertemanan yang luas, suatu saat nanti akan membuka banyak kesempatan untuk Anda



Tidak ada komentar:

Posting Komentar