Kamis, 23 Juni 2011

Copas Seperti Perompak


Dalam dunia blogger istilah copas atau copy paste sudah tidak asing lagi. Copas/copy paste adalah dimana sebuah blog mengambil semua artikel blog orang lain untuk di jadikan bahan postingan.

undefined
Ilustrasi gambar bajak laut 
Lalu apa hubungannya dengan perompak ? Copas tak jauh beda dengan perompak, mereka sama-sama membajak. Membajak hak orang lain. Kalau Dalam dunia blogger berarti membajak hak cipta atau karya orang lain.

Dan Apakah membajak hak cipta orang lain itu melanggar hokum ? jalas, karena hak cipta sudah diatur dalam undang – undang.
 
Tapi apakah kegiatan copas di blog sepenuhnya salah? tidak salah dan sah-sah saja jika si peng-Copas mencantumkan link dari sumber artikel dengan benar. Kalaupun Anda ingin meng-copas hanya ingin bertujuan menaikan trafict pengunjung blog anda gunakan Etika copas yang baik.

Apa maksudnya dengan Etika copas?

Sebagai blogger sejati, tuliskan nama blog/link pemilik artikel tersebut dan bila perlu minta izin via email. Dengan begitu si pemilik asli artikel pasti lebih senang dan berterima kasih, ketimbang marah-marah di kotak komentar anda. Jadilah Blogger yang baik, hargai karya orang lain sekecil apapun itu.

walaupun anda terinspirasi pada sesuatu hal yang anda temukan di internet, tapi jika anda mengolah kembali artikel tersebut dan merensensi menjadi sesuatu hal yang baru maka anda tidak bisa disebut copas.

Kerugian lain apabila artikel yang baru dibuat lalu dicopas oleh blog yang pageranknya lebih tinggi dari blog kita adalah kita akan dianggap melakukan copas dari blog tersebut, padahal adalah sebaliknya.

Hal ini telah terjadi pada beberapa artikel saya yang sukses di kanal Vlog VIVAnews seperti :


Jadi sebagai blogger yang baik, hargai karya orang lain sekecil apapun itu. Dan mari kita berlomba –lomba menulis dengan karya yang orisinil agar tidak merugikan orang lain. Dari pada kita disebut tak ubahnya seperti perompak.

Semoga postingan ini tidak menyinggung anda yang telah terlanjur meng- copas dan mari kita  menulis dari sudut pandang kita sendiri, karena itu akan lebih baik di mata sesame blogger dan Pakde Google. 

Salam Sukses dan terus berkarya. mari kita sama-sama menyuarakan ” HIDUP BLOGGER INDONESIA“.

source : http://pelangidelapan.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar