Rabu, 15 Juni 2011


ICTF - FYI - iPad Apple mungkin saja menjadi barang ‘ajaib dan revolusioner’. Namun terkadang, benda ini tampak asing lagi baik di dunia Android atau Apple.


Berikut beberapa contoh paling mengerikan penjiplakan yang dilakukan Apple dan Android.



Android


Produsen perangkat Android seperti Samsung telah lama menyalin gaya Apple. Perangkat buatan Samsung tampak hampir identik dengan perangkat Apple, kecuali logonya.


Sementara itu, tablet Galaxy Tab Samsung baru pada dasarnya merupakan merek generik iPad. Perbedaan terbesar (selain sistem operasi (OS) Android) adalah, tablet ini memiliki tiga ukuran yang berbeda.


Tentunya, semua pembuat tablet Android berjuang keras membedakan barang-barang mereka dari iPad karena semua perangkat semacam ini bisa digambarkan ‘seperti iPad’. Bahkan dalam dunia smartphone, meski pangsa pasar Android terus meningkat, iPhone masih tetap menjadi patokannya.


Bukan tanpa alasan, Android sendiri selalu menjadi peniru. Sebelum iPhone keluar, prototipe perangkat Android menyerupai BlackBerry namun kini perangkat ini memiliki layar multisentuh dan sederetan ikon aplikasi.


Haruskah Android seperti ini? Menurut penggiat teknologi Jared Spurbeck, tak seperti itu. HTC menggunakan HTC Sense guna menciptakan pengalaman sangat berkelas pada ponsel Android. Hal tersebutlah salah satu dalam banyak hal yang bisa memperbaiki OS aslinya.


Sementara itu, pengecer Amerika Serikat (AS) Barnes dan Noble merancang ulang antarmuka Android dari bawah ke atas untuk seri Nook tabletnya. Tak hanya untuk menjadi ‘asli’ juga mempermudah penggunaan Nook. Sejauh ini, strategi itu tampak cukup manjur.



Apple


Dari semua fitur Android yang membedakannya dengan produk Apple, Apple memilih menyalin beberapa fitur dari Android. Area notifikasi baru yang dipakai Apple sebenarnya telah lama dipakai Android.


Selain itu, perangkat iOS tak lagi memerlukan PC atau Mac guna melakukan sinkronisasi dengan iTunes. Gantinya, mereka menggunakan layanan iCloud, cara ini mirip cara perangkat Android bersinkronisasi dengan aplikasi web Google.


Sumber : (derry/LW/ictf)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar