Senin, 04 Juli 2011

Cara Menulis Postingan Blog Dengan Baik dan Benar




1.    
Nah, jika anda ingin menjadi blogger yang proffesional anda harus memiliki postingan blog yang bermanfaat. Tapi kadang kita merasa kesulitan dalam membuat postingan. Nah, disini saya akan memberikan tips. Bagaimana menulis postingan blog dengan baik dan benar?

1.  Pililah Tema yang Anda Sukai
Jika anda suka terhadap musik (misalnya). Anda harus membuat bog yang berisikan tentang dunia musik. Jika anda tidak suka itu hal tersebut lebih baik jangan dipaksakan. Misalnya anda suka musik tapi anda inginnya tentang teknologi itu tidak baik karena tidak sesuai dengan kemampuan anda (musik).

2.  Pecahkan Suatu Masalah
Orang mencari informasi karena dia butuh solusi untuk menyelesaikan masalah yang dia alami. Mereka mengetikkan suatu kata kunci di mesin pencari untuk mencari solusinya. Bila anda telah berkecimpung dalam suatu hal anda tentunya bisa menentukan masalah-masalah yang akan dipecahkan. Misalnya, anda memiliki blog yang berisikan tutorial-tutorial adobe photoshop. Semua orang pasti ingin jago edit foto dan dia menjadi jago setelah mengunjungi blog anda.

3.  Fokuslah
Sejak menentukan yang akan anda angkat, usahakan fokus ke tema tersebut. Misalkan anda memilih tema “Tutorial Blogging Untuk Pemula”, usahakan minimal 75% postingan anda tetap berada pada tema tersebut.

4.  Menulislah Sambil Belajar
Menulis sambil belajar adalah hal terbaik agar yang dipelajari cepat masuk di otak. Alangkah baiknya lagi jika tulisan tersebut dibaca oleh orang lian. Misalnya, anda memiliki blog yang berisikan tutorial adobe photoshop. Nah, pasti saja tutorial-tutorial tersebut pernah anda coba kan. Jadi bagilah ilmu (tutorial) anda kepada para pengunjung blog.

5.  Tentukan Target Pembaca Blog Anda
Dengan menentukan target pembaca blog anda akan lebih mudah dalam menentukan topik-topik postingan yang akan dibahas.

6.  Jangan Copy Paste
Copy-Paste tentu saja tidak disukai oleh pengunjung blog, mesin pencari dan si pemilik tulisan asli, terutama yang pernah membaca tulisan tersebut. Tapi alangkah baiknya disertakan sumber artikel tersebut.

7.  Mengalirlah
Jika anda sudah ngeblog, maka itu akan menjadi bagian kehidupan anda. Tiap hari / minimal seminggu sekali tentunya anda akan mengisi blog anda dengan artikel terbaru. Oleh karena itu jangan terburu-buru dalam mempostingkan artikel. Buatlah suasana yang nyama dengan cara berkomunikasi dengan pengunjung dengan chatbox / shoutmix. Dengan cara tersebut kita merasa meyatu dengan pengunjung dan bisa mengetahui keluhan yang dialami pengunjung blog kita.

8.  Pilihlah Bahasa
Gunakanlah bahasa Nasional jika blog anda ditujukan hanya untuk orang di negara anda. Dan gunakanlah bahasa internasioanl (bahasa inggris) jika blog anda ditujukan untuk seluruh dunia.

9.  Ajaklah Pengunjung Untuk Berargumen di blog Kita dan Menanggapi Argumen Tersebut
Keaktifan anda dalam menaggapi komentar akan membuat pengunjung merasa dihargai dan bisa jadi tanpa anda mintapun mereka akan sering berkunjung ke blog anda bahkan merekomendasikan ke temannya untuk mengunjungi blog anda. Terima Kasih Pengunjung Blog Bisnis Online Mania.

10.  Pililah Judul Postingan yang Menarik dan Mewakili Isi Postingan
Judul postingan sangat memengaruhi posisi blog kita di mesin pencari. Jadi, mari kita buatlah judul artikel seunik mungkin, semenarik mungkin, dan sesuai dengan apa yang pengunjung inginkan.

11.  Terapkan Teknik SEO
SEO itu penting. Jika anda tidak menerapkan seo maka blog anda akan sepi. Dan kunjungi google insight dan google hot trends untuk mencari inspirasi menulis postingan dengan mencari keyword / berita yang sedang populer.

12.  Submit Postingan Blog ke Sosial Bookmarking
Submitlah postingan blog adan jika dirasa bermanfaat ke situs sosial bookmarking, seperti lintasberita, infogue, digg, reddit, dan lainnya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar